Rabu, 26 Oktober 2016

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas

Keberadaan taman minimalis belakang rumah akan menambah suasana lebih sejuk dengan udara yang lebih segar, namun untuk mewujudkannya seringkali terkendala masalah lahan yang terbatas. Hal ini tentunya memerlukan sedikit perencanaan desain yang matang, terutama untuk rumah-rumah sederhana dengan ukuran yang tidak begitu luas seperti rumah di perumahan. 

Untuk menghasilkan taman minimalis di belakang rumah yang bagus tentu memerlukan peran seorang arsitek yang sudah berpengalaman. Namun jika tidak memiliki anggaran untuk menyewa jasa arsitek, Anda juga bisa memanfaatkan pengetahuan dan perkembangan teknologi saat ini untuk pemilihan konsep dan pembuatan desainnya secara sederhana. Misalnya dengan cara melihat beberapa referensi taman yang sudah jadi yang kemudian mengidentifikasi detail desainnya dan material apa saja yang digunakan untuk membuat taman tersebut.

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas Dengan Gazebo

Bagian belakang rumah sederhana biasnya hanya menyisakan ukuran lahan sekitar 18 meter persegi (3m x 6m). Luas lahan ini pun biasanya terpotong lagi oleh kebutuhan ruangan dapur atau kamar mandi dan tempat cuci pakaian, sehingga untuk membuat taman belakang rumah memang harus sedikit kreatif dalam membuat layout ruangan agar tercipta harmonisasi antara fungsi dan kebutuhan ruangan.

Taman minimalis belakang rumah sebenarnya tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, dengan ukuran 1m x 2m saja cukup bisa menambah kesejukan rumah. Yang diperlukan selanjutnya adalah menata lahan tersebut sehingga menjadi taman minimalis yang indah, misalnya dengan beberapa tanaman kecil berjenis rumput atau bunga yang dikombinasikan dengan taburan batu alam berwarna putih. Perlu diperhatikan juga sirkulasi udara di sekitar taman belakang, jangan sampai taman tersebut berada di bawah atap yang tertutup. Walaupun tidak terkena sinar matahari secara langsung, usahakan ada sirkulasi udara yang baik untuk membuat tanaman yang ada di taman tersebut tetap segar.

Kombinasi lainnya bisa dengan menambahkan air terjun buatan berukuran kecil yang airnya terus bersirkulasi dengan pompa kecil di dalamnya. Suara gemericik air dari air terjun buatan tersebut bisa menambah suasana alami seperti di pegunungan, unsur air pun pastinya menambah kesejukan udara di sekitarnya. Jika Anda sudah mempunyai taman depan rumah yang bagus, maka konsep taman belakang pun bisa diserasikan, namun dengan penataan yang berbeda agar tidak membosankan.

Sebagai bahan referensi, berikut ini kami sajikan beberapa gambar taman minimalis belakang rumah yang diambil dari internet :

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas + Kolam Ikan Mini

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas - Kombinasi Kolam Ikan Koi dan Tanaman

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas dan kolam Ikan hias

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas dan Kombinasi Taburan Batu Alam

Taman Minimalis Belakang Rumah Dengan Lahan Terbatas dan Kursi Taman unik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar